Trip to Derawan Maratua Kakaban Sangalaki Islands

Waw! Udah 9 bulan lamanya saya ngga nulis di blog ini. Well, sekarang saya pengen cerita tentang perjalanan saya yg sepertinya akan berguna buat yang lagi pengen liburan ke kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.
And the story has begun..

Saya lagi butuh banget beach theraphy, dan tujuan no.1 yg masuk ke wish list saya adalah Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, Sangalaki dan pulau Gusung. Yang pasti saya banyak banget browsing di Internet tentang pulau-pulau indah di East Borneo itu. Akhirnya saya memutuskan untuk ikut tournya Wisatakita.com , karena harga yang ditawarkan bagus banget buat kantong saya. Supaya bisa dapet harga 1.5juta, pesertanya harus minimal 12 orang. Saya daftar yang 4 hari 3 malam, tanggal 21-24 September 2012, sebagai pendaftar pertama. *keliatan dong semangatnya kayak apa.. Oiya saya berhasil ngajakin sahabat saya dari SMA yang namanya Sari.

Sekitar 2 atau 3 minggu sebelum berangkat, saya beli tiket pesawat Lion Air tujuan Jakarta-Tarakan-Jakarta dengan harga promo 1.2 juta. 2 Hari sebelum berangkat, saya grasak grusuk beli persiapan buat ke Derawan, secara saya ngga punya barang-barang ini:

• backpack (maklum biasanya pake koper cantik :P )
  • baju diving (karena takut gosong sih nih,padahal sih berenang aja kagak bisa)
  • sunblock (bananaboat yg sport & yg faces penyelamat supaya ga keling2 amat)
  • obat-obatan (antangin, antimo, koyo buat puser supaya ga mabok, dll)
  • snack (biskuit gandum sehat dan membosankan yang saya beli ngga laku gitu disana)
  • dry bag (penting buat nyelametin gadget dan kamera supaya ga basah pas di perahu atau pas turun dari perahu dimana siperahu ga bisa minggir kepantai karena banyak karang. belinya di Boogie outdoor store di Cilandak KKO)
..yang akhirnya abis 1 jutaan sendiri buat persiapan ke Derawan ituh. Itu juga belom kesampean buat beli kamera underwater loh..asli dilema banget beli kamera underwater apa ngga.. karena keterbatasan budget, akhirnya saya pasrah aja menyerahkan jepretan kameranya wisatakita khususnya yang underwater.

DAY 1:
Akhirnya hari H telah tiba. Malemnya ngga bisa tidur karena digigitin nyamuk plus saking excitednya sama kepikiran apalagi barang yang ketinggalan.Kita naek pesawat terpagi jam 5 subuh, dan ga nyangka ternyata terminalnya udah rame banget macam di terminal bis. Perjalanan Jakarta-Tarakan ngga sampe 3 jam ternyata, dan cuaca ternyata lagi kurang bagus. Pas sampe di Bandara Juwata Tarakan dengan ngerem landing pesawat yang menyeramkan (ibu-ibu dibangku sebelah sampe ngusap-ngusap muka doa gitu,bikin tambah parno) kondisi bandaranya kok becek dimana-mana gitu. Perasaan langsung ngga enak, nanya deh sama orang disana, ternyata Tarakan semalem abis badai ajah! plus banjir, saudara-saudara..haiyyaaa langsung deh harap-harap cemas doa semoga mataharinya muncul.. Masalahnya saya trauma karena dulu pernah ke Phuket, sampe sana bandaranya juga banjir, dan badai sampe kita ngga bisa nyebrang kepulau-pulaunya. Bukannya pake sunblock yang ada kita pake payung kemana-mana...Hiksss...
Untungnya makin siang cuaca makin bagus. Oiya Bandaranya garing banget loh, kecil dan ngga ada apa-apana..jadilah kita nunggu di kantin yang jual soto ayam yang enak itu selama 3.5 jam. Asli mati gaya..

Jam 12 akhirnya crew dari Wisatakita dateng..trus kenalan2 deh sama peserta yang lain, total 11 orang, yg 2 lagi cancel. Dari bandara kita naek mobil ke pelabuhan kira-kira 15 menit saja. Disana kita makan siang dulu, nunggu sholat Jumat baru cussss naek speedboat ke Derawan. Secara saya parno banget mabok laut, jadi persiapannya mayan banyak : tempel koyo di puser, minum antimo, pasang handband anti mabok, makan permen jahe, make yourself comfortable dan mind set yg positif.

Perjalanan ke Derawan yang paling ngga enak itu adalah ketika naek speedboat. Siap-siap aja pantatnya sakit mental-mental selama 3 jam plus kecipratan aer laut. (ada posisi duduk tertentu yang lumayan ga bakal basah, pokoknya posisi menentukan prestasi tingkat kebasahan anda :D)

Pelabuhan Tarakan

OTW ke Derawan

Akhirnya jam 5 sore sampai di Derawan..kita langsung turun didepan kamar tempat kita nginep, Derawan Fisheries. Saya upgrade nambah 210rb untuk penginapan ini karena nyari yg pakai AC. Posisi penginapannya disemacam dermaga gitu, dengan harga segitu saya cukup puas bisa dapet kamar disitu karena view depan dan belakangnya langsung laut yang tiap pagi penyu suka lewat. Ahh menyenangkan sekali..Oiya FYI penginapan di Derawan ada 3 macem..Ada homestay dirumah penduduk, yang keuntungannya adalah disitu suka dikasih kue-kue sama yang punya..yah berasa kayak lagi nginep dirumah bude gitu deh.. Adalagi yang model cottage dipinggir pantai/dermaga. Yah ini standart hotel gitu deh.. Nah kalo saya milih yang tengah-tengah..nggak hotel-hotel banget, tapi juga nggak rumah-rumah banget..Selain viewnya yang saya suka adalah,kebetulan basecamp kalo buat acara makan , ya di depan kamar saya.. hihihihi...mayan dong yahh..

View Teras belakang
Derawan Fisheries yang deretan kiri, yang di belakang kanan itu Homestaynya

Acara hari itu acara bebas sih.. Untung saya udah dapet informasi dari Ayu temen saya yang udah pernah kesana. Pantai yang paling bagus di Derawan itu yang deket lapangan Volley. langsung dong kesana, liat sunset dari dermaga panjangnya. Saya suka sekali suasana perkampungan di pulau Derawan, rapi dan bersih macam gambar ilustrasi di buku pelajaran SD dulu, kalau kata Winda temen trip Derawan saya. :)

Menu makan besar di Derawan selalu seputar ikan, ikan dan ikan. Saya yang sebenernya ngga terlalu pecinta ikan, doyan banget sama masakannya ibu-ibu yang masakin makanan kita. Asli enak banget, gimana ngga enak, ikannya seger banget ga pake masuk freezer kayak di Jakarta. Setelah makan malam, kita diajak liat anak penyu dipinggir pantai, tapi karena kurang beruntung kita ngga berhasil nemu.. tapi yang bikin saya berkesan banget adalah, air dipantainya berkilauan kayak ada banyak kunang-kunang disitu..Asli bagus banget,,ngga tau deh itu apaan, plankton mungkin?

Day 2:
Hari ini hari yang kita tunggu-tunggu..soalnya kita bakal islands hopping ke Maratua, Kakaban dan Sangalaki, Yeay!!! Setelah foto-foto sunrise di dermaga dan sarapan nasi goreng, kita naek speedboat lagi ke Maratua. Lama perjalanan kira-kira 1 jam-an kali yah..Disitu kita semua amazed banget sama warna gradasi air lautnya..Dari semua pulau yang kita datengin, pulau Maratua yang air lautnya paling tempting. Tosca gitu warnanya, dan disitu banyak penginapan didermaga yang mewah, asli berasa kayak di Maldives deh. Disitu kita snorkeling sambil foto2 underwater juga..sayangnya kita ngga explore pulaunya lebih jauh disitu. Karena abis dari situ kita musti lunch di Pulau kakaban.

Gradasi birunya Laut Maratua
Maratua

Sampai di Pulau Kakaban, kapal kita berhenti di sisi yang ngga ada pantainya. Kapalnya juga ngga bisa berenti terlalu kepinggir karena banyak karang. Disitu muka kita semua agak-agak ga yakin tuh.. Masalahnya kita musti turun kekarang, airnya yaah sedada gitu, trus abis itu musti naik tangga seadanya ketebing. Katanya disitu ada danau air payau, tapi bukan yang ada ubur-uburnya. Hmmm akhirnya dengan agak2 galau kita turun deh tuh... manjat tangganya sambil nyebut-nyebut karena curam, dan pas sampai diatas..Oh My...ada danau yang indah banget..airnya juga bening...pas mo turun kedananu ternyata ada ular pohon warna ijo gitu...jadi kita sempet nunggu ularnya pergi. Airnya bening, tenang, dengan dikelilingi pepohonan hijau yang bikin suasana damai banget rasanya..Yang pasti didanau itu cuma kita-kita aja, ngga ada orang lain. Berasa punya danau pribadi :)

Danau Goa Kakaban

Lalu kita musti balik kekapal lagi dong, musti nurunin tebing lagi, turun ternyata lebih serem daripada pas naik. Pas sampai dibawah, khan mo balik kekapal yah..pas udah deket kapal ternyata karang yang kita injek (karangnya udah mati kok) kayak runtuh gitu, jd kayak mau tenggelem gitu secara ga bisa berenang dan lagi ga pake pelampung, dan naik keatas kapalnya susah buanget karena ga dapet pijakan kaki,cuma tangan yang narik dari atas kapal, asli perjuangan banget..

Turun pake tangga seadanya..

Abis dari situ kita naik speedboat kayak muterin pulau kakaban dan berlabuh di dermaga utama. sampai di dermaga kakaban kita langsung makan siang dengan lahapnya..Abis itu lanjut naik turun tangga menuju danau kakaban menemui ubur-ubur baik hati yang tidak menyengat dan cuman ada 2 didunia. Danau yang ini lebih luas dari yang pertama, dan dikelilingi hijaunya pepohonan juga. tapi airnya lebih keruh, mungkin karena pas kita kesana, pas lagi ramai yg snorkeling bersama ubur-ubur. Saya snorkeling disana dengan sangat excitingnya ingin menyentuh jelly fish baik hati itu..Disitu saya ketemu 2 jenis ubur-ubur. Yang satu yg transparant lebar, dan yang satu lagi yang warnanya agak-agak orange. Megangnya juga musti hati-hati, rasanya kenyal dan transparant. Oiya untuk yang mau snorkeling sama ubur-ubur, jangan pakai Fin yah soalnya kasian nanti ubur-uburnya ketendang.. Sejarahnya kenapa dia tidak menyengat, yaitu karena didanau itu tidak ditemukan ada predatornya ubur-ubur, jadi makin lama racun sengatnya sebagai perlindungan diri jadi hilang. Abis kasih ciuman manis ke jelly fish, saya balik kekapal dengan berat hati.

Dermaga Kakaban
Tangga menuju Danau kakaban

Danau kakaban

Fifie lagi main sama Jellyfish

Next destination is...Pulau Sangalaki!
Pulau ini ga begitu jauh dari Kakaban, sampai disana speedboat kita juga ngga bisa terlalu kepinggir pantai karena banyak karang..dan untuk turun kesini musti pakai sendal/sepatu karena takut kena anak pari yang suka ngumpet dibalik pasir. Sampai disana kita langsung ke tempat perlindungan penyu. Disitu kita bisa main sama tukik alias bayi penyu yang lucu-lucu. Abis dari situ, kita jalan ke ujung pantai yang pasirnya luas banget dan airnya tenang.spot yang sangat bagus untuk goler-goler dipasir dan foto-foto pastinya :)

tukik
Anak kembar

Goler-goler dipasir putih

Day 3:

Pagi ini kita bangun dengan agak deg-degan soalnya semalam agak-agak kayak badai gitu, ujannya deres banget,secara penginapannya diatas laut langsung khan serem juga yah kalo ujan bgini..Cuaca pagi ini masih kurang bagus..Jam 5:30 pagi saya dan Sari udah siap mau ke pantai pakai payung soalnya udah agak-agak gerimis. Baru beberapa langkah, langkah kita terhenti karena terdengar suara gemuruh dari kejauhan..Agak-agak parno, eh ternyata itu suara hujan yang dateng dari ujung kampung. Langsung deh lari balik ke kamar..Hujannya untungnya ga terlalu lama, ibu yang masakin sarapan udah nyiapin nasi kuning pakai ikan dan teh manis hangat didepan kamar kita. Langsung deh kita makan dengan lahapnya sambil duduk dipinggir dermaga.
Nasi Kuning Ikan Serundeng di pinggir dermaga

Jadwal hari ini adalah snorkeling di sniper spot. Untuk pertamakalinya akhirnya saya merasakan snorkeling kayak di tipi-tipi tuh, yg pas liat bawah ada banyak coral yang indah banget dan ikan warna-warni banyak banget dan jelassss..ga kayak waktu snorkling di pulai tidung yah,jauhhh ini :P

si Nemo

Snorkeling kalau pakai pelampung yang ngga pas dibadan ternyata pegel banget loh..kayaknya cuma setengah jam abis itu udah ga kuat dan balik naek kekapal. Naek kekapal lagi-lagi juga perjuangan banget, sampai diatas kapal juga rasanya pengen cepet-cepet rebahan diatas pasir. Abis dari situ kita ke pulau Gusung..Aiihh ini pulau isinya cuman pasir putih seiprit dengan laut yang bening macam punya pulau pribadi..bagus banget juga buat foto-foto..

Pulau Gusung
Full-team komplit sama crew Wisatakita

Dari situ kita balik ke Derawan Dive Resort, yang masih kuat sih pada snorkeling, ikannya juga banyak banget disini..Kalau saya udah ga ada tenaga buat snorkeling, adanya tenaga buat foto-foto narsis ajah :P

ikan warna warni di Derawan Dive Resort

Dermaga Derawan Dive Resort

Setelah makan siang yang selalu enak itu, kita sempet ada jeda waktu 3 jam untuk istirahat. Setelah itu kita naik banana boat keliling pulau Derawan. Saya duduk dipaling belakang, dan ternyata masih kecipratan air laut yang bikin perih mata sama jerawat.. yah sampai pantai rambut udah ga jelas lagi bentuknya, tau gitu gue pake shower cap deh..hahaha selama diderawan rempong sama urusan poni..Rambut gpp keriting asal poni tetep lurus dan tetap pada tempatnya :P
Kita ngabisin waktu sunset dengan foto dan foto..pas mau balik ke penginapan, eh nemu tunas rumput apa gitu ditengah-tengah pasir. Langsung deh semangat foto wall-E sama tunas tumbuhan itu, soalnya jadi percis kayak di filmnya, si Wall-E khan misinya nyelametin 1 tunas taneman tuh. Trus kita asik sendiri deh foto-foto wall-E sampe nungging-nungging dipasir. :)

Look what he has found!

Malem itu jadi malem terakhir di Derawan..Hiks ga rela banget rasanya besoknya udah harus pulang. Untuk malam terakhir kita dikasih makan di cafe gitu, yang menurut saya masakannya masih enakan masakan home made si Ibu penginapan. Disitu kita ngumpulin flash disk 8gb untuk masukin hasil foto-fotonya wisatakita yang bagus-bagus banget. Sampai dikamar, dengan sangat malasnya saya packing barang-barang karena besok paginya kita sudah harus balik ke Tarakan.

Day 4:
Pagi yang sangat singkat ini kita isi dengan mengamati manusia perahu yang kebetulan menepi didekat penginapan kita. Menurut sumber terpercaya penduduk Derawan, manusia kapal itu berasal dari suku Bajo. Hidupnya selalu diatas perahu yang kondisinya sudah mengenaskan itu. Mereka tidak punya agama, tapi punya "ilmu" yang dipakainya kalau mau nyebrang perbatasan. Didalamnya hidup 1 keluarga dengan 2 istri. Semua sumber kehidupannya ya dari laut. Minum, mandi, cucinya dari air laut. Tapi mereka pandai sekali berdagang katanya, cari duitnya dengan menjual hasil tangkapan dari laut.

Manusia perahu

Setelah bosan sama manusia perahu, kita foto-foto bersama penyu yang kebetulan lagi main-main kedepan penginapan kita. Sebenernya ga tega sih, dia kan musti di"tangkep" sebentar supaya bisa foto bareng. Maaf yah penyu udah bikin kamuuhh panik..

cheers!!

Mr. Penyu yang unyuuu

Setelah pamitan sama crew wisatakita yang ternyata extend di Derawan, jam 9:30 pagi kita balik ke Tarakan naik speedboat. Motorist (supirnya speed boat) kita orangnya sangat menghibur, doyan banget ngelawak dengan logatnya yang khas. Orangnya kayak preman, tatoan, piercing-an, tapi pake topi rajut bayi. Kadang-kadang dia nyetir pake kaki kalo posisinya lagi berdiri sambil memantau keadaan laut.

Motorist kita yang gokil

Tapi perjalanan pulang naik speed boat bernama Alysia ini lebih menyiksa dibanding pas dateng. Speedboatnya bener-bener terbang dan lompatannya lebih kenceng, saya yang sempet dapet posisi tiduran aja ngga bisa tidur saking kepelantingnya. Setelah perjalanan 3 jam yang agak menyiksa, sampailah kita dipelabuhan Tarakan. Sampai disana mobil jemputan udah ready dan kita langsung dibawa makan siang ayam penyet. Agak kecewa juga sih, perasaan dikasih taunya mo makan kepiting kenari deh. tapi ya sudahlah, laper banget juga..

Abis makan kita lanjut beli oleh-oleh yang menurut saya sangat tidak menarik. Tokonya kayak mini market sederhana, isinya makanan-makanan malaysia, macam biskuit dan Milo malaysia gitu.
Oiya FYI, selama di Derawan, saya ngga bawa dan ga keluar duit sepeserpun..kecuali ya kalau kalian mau beli oleh-oleh kaos tulisan derawan atau jajan indomie seharga 15ribu yah..

Abis dari situ kita dibawa ke hutan Mangrove ditengah kota untuk melihat bekantan. Saya suka suasana rindangnya pohon bakau, tapi rasanya gerah & lembab banget. Bekantannya juga ga begitu banyak, mereka ada diatas pepohonan. Yang agak bikin parno malah pas salah satu teman kita ada yang mau diserang sama induk monyet liar gitu, monyetnya sampe menyeringai ngasih liat tarinngya gitu,hahahaha semuanya langsung pada kaburrrrr...

Bekantan di atas pepohonan

Foto sama Kembaran

Kita ga begitu lama disitu, abis dari situ sempet dibawa ketempat oleh-oleh, dan sore-sore kita udah sampai di Bandara Tarakan, padahal kita ambil penerbangan yang jam 19:30..Adegan mati gaya dibandara tarakan terulang lagi, untungnya kali ini nunggunya lebih rame sama temen-temen baru trip Derawan. Dibandara saya sempet makan indomie rebus pakai telor seharga Rp.17ribu, dan sangat kecewa karena kantin yang jual soto tutup..Jadi kita agak terlunta-lunta ngemper dibandara. Lamaan dikit pada jemur baju basah deh tuh.. :P

Penerbangan dari Tarakan ke Jakarta lumayan smooth, dan pesawat yang sepi penumpang membuat tidur semakin lelap, dan berakhirlah perjalanan saya ke kepulauan Derawan.

Back to Jekardaa

Badan saya iteman, tapi saya bahagia luarrrrr binasahhh!! Sampai jakarta otot sakit semua, beruntung saya freelance jadi keesokan harinya saya memutuskan untuk libur kerja dan menghabiskan hari di salon langganan untuk body massage dan luluran..Pulang dari salon late lunch makan mie ayam acin dan es Oyen..Aiihh, indahnya duniaaa...:)

Oiya saya mo ngucapin special thanks buat Mas Ridwan,mbak Ichy, Mas Adi, Mas Azis dari team Wisatakita yang membantu  kita mengenalkan indahnya kepulauan derawan, temen-temen seperjuangan ke Derawan 21-24 Sept 2012 : Yos, Fifie, Winda, Bimo, Gilang, Irma, Abdi, Ifa, Rahma.. nice to know u all..seneng dapet temen baru yang seru-seru :)
And last but not least, special thanks to my BFF partner in trip Jeung Sari.. wah sukses juga kita betualang ke Derawan, cari temen yg cocok buat traveling tuh ga gampang loh, dan kalo udah sukses sekali, berarti kita udah lulus buat ngetrip bareng selanjutnya :)

Thank you for reading my memorable getaways-journal to Derawan-Maratua-Sangalaki-Kakaban Islands. What a wonderful journey to see beautiful scenery part of Indonesia

So next kemana kitah? Bromo? Karimun jawa? Raja Ampat? Flores? Yiuuukkk!! :)

*Semua foto dengan watermark/signature @nisaupik diambil langsung oleh penulis, dan foto-foto yang tidak ada watermarknya adalah hasil jepretan dari kamera wisatakita/Fifie yang diambil penulis dari Facebooknya Fifie.Maaci Fifie :)