Sawarna the hidden paradise

Hellow!
Kali ini saya mau share cerita perjalanan dan petualangan ke Pantai Sawarna. Liburan kali ini asli dadakan banget. Saya udah pernah denger tentang Sawarna dari temen Path yg sering liburan kesana. Biasanya kalo mau betualang saya googlingnya gila-gilaan, kalah deh sama googlingnya orang mau bikin skripsi. nah berhubung yang ini dadakan, jadi cuman sempet baca-baca sekilas link tentang Sawarna yang dikirim sama temen saya.
Perjalanan belaga gila ke Sawarna ini pesertanya cuman 3 orang. Sengaja perginya hari Kamis pulang hari Sabtu supaya dapet feel "pantai pribadinya". Perginya naik mobil pinjeman, Avanza baru. Yang kita baca dari blog tentang Sawarna adalah jalanan menuju kesananya rusak parah, jadi kudu pergi naek mobil non-sedan yg fit banget kondisinya. Okeh, mari kita buktikan sendiri, seheboh apa medan menuju ke Sawarna.

Dimanakah Sawarna itu?
kalau dari Jakarta, 2 jam dari Pelabuhan ratu.
Total jam perjalanan (udah termasuk numpang pipis di pom bensin dan makan siang) : kurang lebih 7 Jam.
Biaya yg dikeluarkan:
- Bensin & Tol
- Homestay & makan 3x = Rp 120.000/hari/orang
- Parkir mobil = Rp.25.000
- Biaya masuk kawasan pelabuhan ratu = Rp 30.000/mobil
- Tarif masuk kawasan Sawarna = Rp.5000/orang

Murah banget khan? So kalo mau liburan seru backpackeran low budget tapi high view, ke Sawarna adalah jawabannya!

Kamis, Hari ke-1.

Meeting Point di STC, berangkat jam 8:30
Kita rutenya lewat: Ciawi-Cicurug-Cikidang-Pelabuhan Ratu-Bayah-Sawarna.

Perjalanan menuju ke Sawarna cukup menantang karena menyusuri gunung berliku-liku, jalanan sempit naik dan turunan yg curam banget plus jalanan yang rusak. Jadi rasanya kayak ga nyampe-nyampe gitu..lamaaa bangett..tapi pemandangan di Cikidangnya bagus, dan ngelewatin spotnya Arung Jeram Sungai Citarik.
Akhirnya sampai di Sawarna jam 4 sore.

Kita musti nginepin mobil di area parkirnya , trus nyebrang sungai melewati jembatan gantung yg cuma muat orang/ motor..lalu jalan kaki melewati gang perkampungan dan pemandangan sawah dikanan-kiri..dan akhirnya sampai di homestay-nya Mang Ace.. (no HPnya: 08777-2892011) Karena datengnya bukan di weekend, kita booking penginapannya pas paginya waktu mau berangkat ke Sawarna. Rumahnya rumah panggung kayu, ada terasnya, dan pas buka kamar langsung ketemu bederet kasur dibawah bisa muat sampai 6-8 orang, ada kipas angin, kamar mandi dalam (okelah ada shower, ember, wc duduk yg flushnya manual) dan teras belakang yg ada jemurannya dan bisa liat pemandangan sawah. Walau agak annoying viewnya karena pemandangan sawahnya agak kehalang pembangunan homestay yang belum jadi. Jadi next time kalau ke Sawarna enaknya cari yg lokasinya bener2 disamping sawah langsung. FYI di Sawarna ngga ada yg penginapannya langsung menghadap ke Pantai. Kita musti jalan kira-kira 5-10 menitan untuk ke pantainya. Jadi kayak desa wisata gitu deh.

Homestay Mang Ace tampak dalam

Setelah taro barang-barang di penginapan, langsung dong kita jalan ke pantainya. Suasananya emang beda sih di Sawarna ini. Didaerah penginapan dapet view hamparan sawah hijau yang indah, jalan menuju pantai juga dapet pemandangan ladang hutan, sampai di pantainya, dapet view pasir pantai bersih, deburan ombak yg bisa buat surfing dan bukit-bukit hijau disisi kanan dan kirinya.

Pas kita kesana masih sepi banget dan cuacanya mendung abis hujan. Langsung deh gelar kain bali, foto-foto dan nungguin sunset yg ternyata disitu ga dapet view sunsetnya,hehehe. Pas udah gelap, kita balik ke penginapan, dan makan malam yg udah disiapin sama Bu Ace yg jago masak sambel. Malam itu kita tidur dengan backsound suara orang lagi syuting. Lokasi syutingnya percis disamping kamar kita. Jadi yahh..kita ampe hafal aja tuh skenario adegan syutingnya. (sigh)

Jumat, Hari ke-2.

Pagi ini rencananya kita mau betualang ke pantai sekitar Sawarna. Jalan kaki.

Setelah sarapan nasi goreng, kita cuss ke Tanjung layar. Arahnya kekiri kalau dari Sawarna. Sepanjang perjalanan menuju Tanjung Layar kita dapet banyak pemandangan indah.. Yang tiba-tiba ketemu tanaman hijau dipasir, karang-karang, terus ketemu ayunan dibawah pohon, dan ga berasa akhirnya keliatan deh tuh 2 tebing/batu tinggi yang mirip kayak di Phuket.. Aiihh ga usah jauh-jauh ke Phuket ternyata di Tanjung Layar juga ada! Dikit-dikit kita pastinya foto dong, buat bikin iri orang-eh buat ngepromosiin wisata Indonesia ke khalayak ramai maksudnya,hehehe.

Tanjung Layar

Di Tanjung Layar ada batu yang seperti tembok, jadi kalau kena ombak, akan terlihat pemandangan seperti ini

Abis mejengin 2 tebing Tanjung Layar, kita lanjutin menyusuri pantai terus ketemu tangga yg tinggi banget keatasnya..baru naik kira-kira 30 anak tangga, terus nemu tupai nyebrang dan nafas udah ngos-ngosan (umur emang ga bisa boong), akhirnya kita berubah pikiran dan haluan untuk mundur aja soalnya ga tau medan keatasnya bakal ketemu apa dan ujungnya kayak apa. Akhirnya kita goler-goler sambil makan es kelapa muda di saung pinggir pantai. (Emang dasar malesss)

Makan Es Kelapa Muda di saung pinggir pantai Tanjung Layar

Kita akhirnya balik ke penginapan untuk makan siang soalnya puanas banget mataharinya, trus istirahat ampe matahari agak bersahabat dan balik ke pantai. Tapi kali ini menyusurinya pantai ke arah kanan. Cuacanya mendung banget waktu itu, awan hitam mulai memenuhi langit. Kita jalan sampai ketemu sungai yg bermuara kelaut. Wah seru banget!  Jadilah kita foto2 levitate disitu. Dari situ kita balik ke saung di pinggir pantai sambil minum teh anget sampai matahari terbenam, dan balik ke penginapan untuk makan malam tentunya..

sungai yang bermuara kelaut

Antara Levitate sama kebawa angin beneran

Nice Kick, Chrys!

Sabtu, Hari ke-3.

Sebelum pulang setelah sarapan pagi, kita sempet-sempetin lagi buat jalan-jalan dan foto-foto di sawah dan di pantai untuk perpisahan sama si cantik Sawarna.

Menelusuri Sawah..yg diujung itu salah satu penginapan disana

Penginapan Tepi Sawah di Sawarna

Cuacanya terik banget, pas balik ke penginapan udah kuyub lagi. Setelah bayar2 dan pamitan sama Bu Ace, kita balik ke mobil untuk pulang ke Jakarta. Pas ngelewatin jembatan gantung, saya bela-belain tu mo ngevideoin sambil nyebrang jembatan. Asli susah banget soalnya jembatannya goyang banget. Pas sampai diujung, saya shock banget ternyata antrian masuk Sawarna udah panjang ajah sama motor-motor! khan harus gantian masuk/keluarnya karena jembatannya sempit. Disitulah saya bersyukur banget datengnya hari Kamis pas lagi sepi-sepinya. Kalau hari Sabtu ruame benerr soalnya jd ga asik lagi.

Antrian yang mau masuk Sawarna melewati jembatan

Abis bayar parkir kita cuss pulang jam 10 pagi dan sempet mampir di bukit Habibie (saya baru tau namanya Bukit Habibie setelah nyoba check in di foursquare). Kita mampir di warung yang mirip-mirip warung jagung bakar indomie di Puncak, tapi ini asli viewnya keren banget! Pemandangan kebawahnya laut gitu..

Bukit Habibie

Setelah itu kita lanjut pulang dan memilih jalur yg berbeda dari waktu kita berangkat karena horor juga ngelewatin gunung yang jalan naik turunnya curam banget. Dan sialnya selain ketemu jalanan rusak, kita udah kena macet sejak di jl raya sukabumi. OMG itu masih jauh bangeet untuk sampai pintu tol jagorawi ciawi! Dan ternyata pintu tol Ciawi itu yang buka cuma 3 , karena pintu tol lainnya dipakai untuk yg keluar puncak. Dan itu jalur ke Puncak lagi ditutup, macetnya dari KM 40 ajah loh! hiiiyy horror...
Oiya Rute pulangnya lewat: Pelabuhan Ratu-Cicurug-Ciawi

Kita sempetin makan malem di Resto Padang Sederhana rest area pertama yg kita lewatin, dan agak shock juga ternyata makanan di resto Sederhana itu ludessss tinggal bersisa ayam goreng semata. Singkat cerita, saya sampai dirumah jam 9 malam. 11 jam dijalan, bayangkan saudara-saudara!
Well, walau perjalanan menuju Sawarna kurang menyenangkan, tapi saya ga akan mikir 2x untuk balik kesana lagi di hari kerja tapi yaaa...Masih banyak spot-spot keren yg belom sempet disamperin juga.

Special thanks buat rekan betualang akyuh : "a gendut couple-yg sama sekali ga gendut": Chrys dan Rapus.
Kalau ngetrip bareng pasangan ini enak banget. bayangin dong, si Chrys ke Sawarna bawa karbol buat nyikat kamar mandi dan seprei dari rumah. Tak lupa rol kabel buat ngecharged aneka gadget supaya ga berebut. Kalo Rapus? Selain canggih baca peta, dia juga berbakat jd EO buat traveling. Dari things to do sampe budgeting.
Terbukti sukses deh ngetrip bawa rombongan kalo ada si Rapus, kayak waktu ke Bali, Bangkok, Phuket sampe ke Singapur beberapa tahun belakangan ini.Thank you darlink! *ketjup basah

See ya at the next trip! Woohooo!!