Comfort Zone


Lagi buka draft2 tulisan lama eh nemu tulisan ini, kayaknya lucu juga buat dipublished nih..

Semua orang pasti punya yang namanya comfort zone.
Comfort zone saya hampir 2 tahun yang lalu adalah kerja jadi pegawai di perusahaan yang isinya adalah teman-teman yang kedekatannya udah kayak sama sodara sendiri. Pastinya perusahaannya masuk kategori perusahan yang baru akan berkembang. Dengan segala kekurangannya seperti karier dan gaji yang gitu-gitu aja, tapi saya nyaman banget dengan orang-orangnya. Saya paling benci kalo ada acara farewell. Rasa sedihnya udah kayak putus sama pacar. Sampai pada akhirnya, saya memutuskan untuk mengakhiri comfort zone itu. Comfort zone saya waktu itu adalah jadi pegawai kantoran disuatu perusahaan yang temen2nya udah deket banget sama lo.

Pada akhirnya Saya memutuskan untuk jadi freelancer aja. Kerja tanpa ikatan office hour 9 to 6. Yang gajiannya ngga pasti tiap bulan. Bulan kemaren dapet 2x gaji, bulan ini ga gajian sama sekali. Kalo dulu sakit sedikit langsung ke dokter soalnya bisa di reimburse, kalo sekarang baru pergi ke dokter kalo bener-bener udah parah. Tapi saya bahagia. Kenapa? karena saya jadi punya banyak waktu untuk diri saya sendiri. Saya jadi bisa punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal baru. Belajar masak, nambah blog, belajar crochet, traveling, nyoba ini, itu...blablabla.. Saya jadi ngerasa hidup saya lebih berguna sejak saya jadi freelancer. Saya juga belajar untuk disiplin diri. Dulu waktu jadi pegawai, lo kerja males2an tetep bakal dapet gaji diakhir bulan. Kalo sekarang, makin lo nunda kerjaan, makin lama juga lo gajian. So Move ur ass right now!! *talkin to myself *nyambukin diri sendiri.
Saran saya, kalo mau jadi freelancer, syarat pertama adalah, lo harus ubah mindset rasa AMAN tiap akhir bulan pasti gajian. mindset rasa aman harus diganti jadi mindset optimis. Jadiin cambukan, karena sekarang semuanya ada ditangan lo. Lo jadi manager buat diri lo sendiri.
Oiya, salah satu kelebihan sistem kerja freelance adalah, kerja jadi lebih efisien. Waktu kerja ngga ada yang kebuang buat kena macet di jalan. It means, hemat waktu, biaya dan tenaga. Dalam sehari, loe bisa ngatur sendiri, project mana aja yang mau lo selesein hari itu. Desain jadi, tinggal kirim email. Apalagi di era zaman canggih kayak gini, jarak udah bukan jadi halangan. Gw biasa kerja ngedesain sama client di Surabaya dari rumah, tapi rasanya client gw bisa kayak ada disamping gw. Yang bisa nyuruh ngegeser tulisan gw kekanan 2 ketuk, kebawah 3 ketuk gitu.. Atau kalo dia gemes saking perfeksionisnya beliau, dia bisa yang ngegeser langsung gambar dilayar monitor gw dari laptop dia. Semua berkat tekhnologi, thanks for Steve Jobs!


Oke, saya memang sudah keluar dari comfort zone lama saya. Tapi, sekarang saya udah punya comfort zone yang baru nih. Kehidupan freelance ini yang jadi my new comfort zone. Dan sekarang saya jadi punya "masalah" melawan rasa ego saya, kalau ada yang nawarin saya kerja by project tapi musti office hour 9 to 6, monday to friday, hadeehhh... rasanya kayak ada yang mau beli "kebebasan bertanggung jawab" saya!! Oiya Saya jadi sangat menghargai waktu. Karena sistem office hour buat saya itu sangat tidak efektif. Kalau bisa dikerjain dirumah, kenapa harus ngantor sih? Yang penting kan deadline terpenuhi dan hasil memuaskan!
Sekarang balik lagi nih, mau keluar dari comfort zone ngga?mau ngelawan self ego ngga?

Makanya, semuanya balik lagi ke prioritas hidup lo apa? Apa yang lo kejer? gaji gede? karier menjanjikan? Lokasi kantor yang deket rumah? Atau kantor yang mewah? Atau Lingkungan temen2 yang menyenangkan?Pekerjaan yang santai?
Tiap orang punya prioritas yang berbeda-beda. Tapi tolong untuk diingat dan digarisbawahi. Semua pilihan lo itu ada konsekuensinya. Ngga ada didunia ini yang sempurna. Kita ngga hidup di surga. Disetiap kelebihan, pasti ada kekurangannya. Lo bisa ga nerima dengan lapang dada konsekuensi dari pilihan lo itu?
Buat gambaran aja, ada seorang teman yang dapet kerja di perusahaan yang sudah maju dengan gaji yang cukup tinggi. tapi ternyata kantornya kayak penjara. Di satu sisi lo bahagia banget karena lo udah bisa dapetin apa yang lo mau. Gaji gede. Tapi ternyata yang sebenarnya lo butuhin bukan itu. Loe baru nyadar bahwa kadang apa yang lo inginkan itu belom tentu yang sebenarnya lo butuhin. 

Oiya, tapi yah, untuk menjadi freelancer atau pengusaha sukses itu, idealnya adalah dimulai dari jadi pegawai dulu sih. Penting soalnya, ngebentuk pribadi, belajar managementnya, jadi tau sela-selanya, nambah networking, dan masih banyak lagi yg bisa dan harus dipetik dari kerja sama orang. Ibarat kata ni, kalo lulus kuliah ngga kerja sama orang dulu tuh ibarat dari bayi langsung bisa jalan ngga pake merangkak. Gituuu..

Thanks for stoppin by! :)




Komentar

Postingan Populer