Trip to Makasar & Tanjung Bira

Setelah berpetualang ke Derawan, akhirnya di awal tahun 2013 ini saya memutuskan untuk berpetualang ke pantai Tanjung Bira. Nama ini memang kurang familiar, saya bisa jatuh cinta sama tempat ini kebetulan karena "disetanin" sama Ichur dari www.ichur.com  temen saya yang udah 2 kali ngebolang ke sana. Foto-foto indah dan tagline "pasirnya selebut terigu" itu membuat saya terpanggil kesana laksana orang yang dapet hidayah untuk naik haji ke tanah suci.
Untuk menuju ke Tanjung Bira, kita bisa naik pesawat ke Makasar. Kebetulan saya dapet tiket Airasia murah Jakarta - Makasar - Jakarta seharga Rp 598.000 untuk tanggal 20 - 24 Januari 2013.
Rencana awalnya saya dapet massa 3 orang untuk join trip ini..tapi ternyata sahabat saya ada yang cancel karena cuaca yang lagi kurang baik (secara di Jakarta lagi darurat banjir) plus tanggal 22nya ada PILKADA yang katanya selalu rusuh disana. Sebenernya saya sendiri juga udah pesimis bakal jadi berangkat, apalagi dapet informasi kalo di Tanjung Bira lagi musim angin Barat yang membuat pantai menjadi kotor karena angin barat itu membawa sampah dari kota. Timingnya salah banget deh pergi liburan ke Tanjung Bira ditanggal segitu. Plus lagi ada banyak banget kerjaan dikejer deadline. But show must go on, dengan mengucapkan Basmallah ternyata saya dan 2 orang teman saya yang bernama Nuke dan Atik masih berjodoh dengan Tanjung Bira. :)
Beruntung saya dikasih nomer HP Pak Samsul, orang Pulau Liukang yang punya perahu disana. Jadi saya bisa telpon-telponan untuk nanya keadaan cuaca disana.
Didetik-detik terakhir, akhirnya saya baru berani packing. Yeay jadi juga kita backpackeran lagi!

Hari ke-1, Minggu 20 Januari 2013
Air Asia QZ7810 --> 06:25 AM (WIB) - 09:45 AM (WITA)
Cuaca diatas pesawat sempet kurang bagus, sampai di Makasar juga lagi hujan. Sampai di Bandara Internasional Hasanuddin yang suasananya kayak Bandara Soetta terminal 3 itu, kita langsung di kerubutin orang sana yang nawarin taksi/mobil sewaan. Mereka menawarkan mobil langsung ke Tanjung Bira seharga 700ribu. Wew mahal banget yah, kalau kita rame-rame sih jatohnya masih murah.. Ini khan kita cuma ber3. Akhirnya kita sarapan dulu di A&W bandara sambil ngebahas kita naik taksi aja ke terminal Malengkeri untuk lanjut langsung menuju Tanjung Bira yang waktu tempuhnya bisa sampai 5 jam perjalanan. Beruntung saya punya temen kuliah yang tinggal di Makasar yang bernama Jovi dan dia menawarkan untuk nganterin kita ke terminal, tapi sebelumnya diajak makan Seafood dulu. Aih senangnya!! Setelah dijemput, kita sempet nyobain Seafood makasar dulu dengan cocolan sambelnya yang beraneka ragam itu. Dari situ kita dianter ke Terminal Malengkeri. Terminalnya agak-agak mengenaskan karena jalanan dalemnya penuh dengan genangan air. Lalu kita mendatangi Pete-pete, sebuah mobil kijang semacem mobil travel gitu, tapi tanpa AC dan mobilnya diisi sangat penuh. 1 Baris diisi 4 orang. Ngebayangin perjalanan 5 jam dengan duduk umpel-umpelan gitu, kita akhirnya beli 4 kursi untuk 3 orang seharga Rp.195.000.
Kita berangkat jam 2 siang dan sampai Tanjung Bira jam 7 malam. udah pake istirahat setengah jam diwarung makan. Perjalanan menuju kesana sebenernya cukup menyenangkan karena pemandangannya bagus. Hamparan sawah hijau, rumah panggung tradisional, gunung dan kuda sangat menyejukkan mata. Untuk sampai ke Tanjung Bira, kita akan melewati Bulukumba. Kalau sudah sampai Bulukumba, Tanjung bira akan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam perjalanan.
Sampai di Tanjung Bira udah gelap dan suasananya sepi sekali, bahkan saya sempet ga yakin ini bener apa ngga pantai yang dimaksud, yang fotonya kalo di google ada tebing indahnya gitu. Bahkan saya belom tau mau nginep dimana, karena sudah malam, akhirnya kita menginap di Bira Beach Hotel yang lokasinya paling dekat dari jalan utama. Semalamnya Rp 250.000,dapet breakfast untuk 2 orang.
Welcomee to Bira Beach Hotel
Kamar kita di Bira Beach Hotel

Malem itu kita cuman sempet makan malem dengan menu Indomie rebus telor seharga Rp 7.000 di warung makan terdekat. Ngga sabar pengen cepet-cepet ketemu matahari supaya bisa keliatan pantainya kayak apa.

Hari ke-2, Senin 21 Januari 2013
Pagi-pagi sekali setelah sholat subuh, saya langsung pergi keluar kamar sambil bawa kamera untuk liat pantai Tanjung Bira disaat 2 temen saya masih pada tidur dengan nyenyaknya. Sambil harap-harap cemas, saya jalan kepantai. Okeh.. tebingnya ada, sama kayak foto di google, berarti ini bener pantai yang dimaksud. Tapi sungguh miris ngeliat pantainya dipenuhi oleh sampah. Sampah ranting dan plastik bercampur jadi satu memenuhi pantainya.
Sampah dimana-mana

Sampah-sampah yang dikumpulin buat diambil truk petugas kebersihan

Ini foto Pantai Tanjung Bira yang diambil pas lagi banyak sampah

Ini foto Pantai Tanjung Bira yg diambil pas udah mo pulang, udah lebih bersih kayak foto-foto di Google

Sumpah saya sedih banget liat sampahnya,soalnya saya udah liat foto Pantai Tanjung Bira waktu masih bersih. Indah banget asli! Ketika saya menginjakkan kaki dipantai, alhamdulillah bener kalo pasirnya selembut terigu. Fyuh.. Setelah foto-foto sekilas, saya balik ke kamar untuk sarapan.

Kita memutuskan untuk early check out dan pindah hotel ke Bira View yang viewnya emang lebih bagus. Posisi penginapannya percis diatas tebing.
Bira View

Harga permalamnya Rp 350.000 tapi kondisi kompleks cottagenya sebenernya kayak cottage yang udah tutup. banyak atap yang gentengnya udah kayak mau copot, bangunan-bangunannya yang kayak ga keurus, resepsionis yang ga pernah ada orangnya..hahaha jadi kalo minat mau nginep disitu, musti usaha nyari orang hotelnya..dia bisa ada dimana ajah..dan kalau datang kesana dimusim angin barat kayak saya, kamu bakal bisa lihat dan dapetin suasana spooky macam difilm kartun horor tuh, rumah yang dikelilingi pohon-pohon yang rantingnya kering dan dramatis.

Percis jam 11an ketika matahari lagi lucu-lucunya, Pak Samsul si empunya boat telpon saya. Dia menyarankan untuk snorkeling sekarang karena cuaca lagi bagus-bagusnya, dan kalau diundur lagi beresiko cuaca yang ga menentu dan besok pagi dia musti pilkada dulu. Okeh, langsung deh kita pergi snorkeling ke pulau liukang naik perahunya Pak Samsul.
Cuss!!

Perkenalkan, Pak Samsul yang narsis

Ternyata jaraknya ngga jauh ketempat snorkeling, kayak cuma 15 menit gitu, makin menjauhi bira pastinya airnya makin bening dan berwarna tosca..
Bening yaaaah :)

Aiihh senangnya akhirnya setelah derawan bisa liat pemandangan seperti itu lagi. Ketika snorkeling kita puas-puasin foto underwater, dan ternyata nyelem itu susah ya, yang paling jago nyelem pastinya Pak Samsul, dia semangat banget moto-motoin yang indah-indah dibawah sana. Ada ikan Nemo dan ikan-ikan lain yang saya tidak tau namanya.

Yang pasti saya panik pas liat ikan yang kayak belut soalnya saya phobia cacing. Setelah satu jam lebih, kita memutuskan untuk naik keatas perahu dan ngebahas makan siang. Makan ikan lucu nih, akhirnya Pak Samsul telpon orang pulai Liukang untuk masakin kita, per orang dikenakan charge 40ribu saja. Pas sampai di Pulau Liukang, pantainya bersih sekali karena posisinya membelakangi angin barat, dan sepiii banget cuman ada penduduk sana.

welcome to Liukang Loe
Pulau Liukang Loe

Agak lama sih nunggu dimasakinnya, kita dimasakin 3 ikan, cumi asin, ubi jalar crispy dan sayur kangkung, plus yang bikin manteb sambal mantahnya yang seger banget. Itu makan terenak kita selama di Tanjung Bira.

Abis makan kita main air di pantainya, diujung pulau ada banyak makam, jadi agak-agak horor juga pastinya kalau udah malem disitu. Tak lama kemudian awan hitam sudah mulai memenuhi langit, dan akhirnya kita memutuskan untuk pulang ke Tanjung Bira. 5 menit sebelum sampai pantai Tanjung Bira, tiba-tiba hujan turun dengan sangat derasnya. Agak-agak perjuangan juga tuh turunnya. Oiya untuk sewa boat include alat snorkel kita bayar Rp 300.000.
Malamnya kita cuma sempet makan indomie lagih, karena ga nemu tempat makan yang oke disitu.

Foto Sunset dari Teras Bira View
The adventure of Wall-E

Hari ke-3, Selasa 22 Januari 2013
Pagi ini kita cari sarapan keluar karena di Bira View ngga dapet breakfast. Yang pasti saya nyari nasi sih, secara semalem kita makan malemnya Indomie. Ga jauh dari Bira View, kita nemu rumah makan Melati, menunya lumayan sih, kita pesen nasi ayam goreng pakai sop seharga Rp 19ribu. Untuk hari itu kita nyewa mobil Rush Rp 250.000 sehari untuk bawa kita jalan-jalan. Yang nyopirin kita namanya pak Roni, dia orang Bira View yang berbaik hati mau nyupirin dan sekalian jadi tour guide. Pertama kita dibawa ketempat pembuatan kapal Phinisi. Disitu kita boleh naik keatas kapalnya dan foto-foto.
Jalanan menuju tempat pembuatan kapal

Anak kota mau cek kapal :P

Setelah dari situ, kita lanjut ke pantai Bara. Untuk sampai di pantai Bara, kita musti ngelewatin hutan yg jalanannya masih batu-batu gitu.

Jalanan menuju Pantai Bara

Karena disitu sebenarnya adalah private beachnya Bara Beach Bungalows and Restaurant, jadi ada baiknya kita sekalian survey tempat dan ngemil-ngemil cantik di restorannya. Pemiliknya baik kok, dia nikah sama orang bule, no wonder bungalowsnya bagus, ada spot untuk duduk-duduk yang "Bali" banget deh. Kalo kamu nyari private beach yang bagus, saya rekomen untuk nginep disini. ratenya sekitar 600-800ribu permalamnya.

Di Bara Beach ini saya sungguh bahagia ngeliat pantainya. Bersih, sepi, dengan hamparan pasirnya yang sangat seksih. Saking sepinya saya sampe bisa ganti baju dipinggir pantai. Disitu pastinya kita main air dan foto-foto.
Bara Beach

Setelah puas maen dipantainya, kita pamit sama pemiliknya Bungalowsnya dan lanjut cari makan Coto Makasar dan sop Saudara di kota Bulukumba dan setelahnya kembali ke Bira View. Oiya FYI entah kenapa di Tanjung Bira pasti tiap malemnya ada mati lampu beberapa detik. Tiap mati lampu, saya, nuke dan Atik langsung merapat berpelukan, hahaha serem tauuu :P

Hari ke-4, Rabu 23 Januari 2013
Rencana awal tadinya kita mau stay di Tanjung Bira sampai hari Kamis, tapi mengingat kayaknya udah agak mati gaya kelamaan di pantai, akhirnya kita memutuskan untuk balik ke Makasar dihari ini.
Pagi-pagi kita sarapan dulu di RM Melati kayak kemaren, tapi hari ini menunya nasi pake telor dadar. harga Telor dadarnya Rp 7.000, nasi Rp 4.000.
Abis dari sarapan, balik ke penginapan, untuk mandi dan beberes. Nah pas beberes ada cerita seru nih. Khan saya ngambilin jemuran yang dijemur dari semalem yah, dan ternyata jemuran saya dipenuhi sama puluhan serangga yang saya yakinin 100% itu adalah TOMCAT! Mereka buanyak banget memenuhi celana pendek dan underwear saya, dan sepertinya mereka mencari tempat yang lembab. Untuk ngusir Tomcat, ada kali tuh 1 jam karena diusirnya harus secara sopan, jangan sampai mereka megeluarkan cairan beracunnya. Agak-agak bikin frustasi juga, ngga cuma Tomcat pula, ada serangga jenis lain yang saya ga tau namanya. Sempet kepikiran apa dibuang aja tuh underwear..tapi sayang juga hahaha..Dengan membaca Basmalah, akhirnya saya lipat dan masukin kebackpack tuh jemuran yg udah bersih dari serangan Tomcat.

Foto dulu abis ngusir Tomcat

Mobil Kijang lama sewaan alias Pete-petenya jemput kita jam 10 pagi. Karena sok yakin mobilnya ga bakal penuh, kita cuman booking untuk 3 kursi, nggak 4 kursi untuk 3 orang kayak waktu berangkat. Dan ternyata mobil yang kita tumpangi untuk balik ke Makasar itu malah diisi 12 orang!!! padahal berangkatnya cuma diisi 10 orang sajah. OMG, asli shock banget, jadi deretan sopir diisi 4 orang, tengah 4 orang, dan belakang 4 orang lagi. Sumpah kita langsung pucet pasi, apalagi awalnya si sopir nyetir sambil gendong bayi penumpang. Untungnya cuman kayak 10 menit tuh bayi dibalikin lagi ke emaknya. Dan yang bikin shock lagi, karena dideretan sopir diisi 4 orang, jadi sopirnya sampe agak kesulitan untuk ganti gigi karena didepan persneling ada penumpang duduk disitu. Wakwawww...plus ga pake AC loh ya, 5 jam perjalanan cukuplah membuat kita lemes-kucel-pantat sakit-kaki pegel.. Mau senderan aja harus gantian khan tuh..Dan rambut saya jadi megar kayak abis disasak sampe ga bisa disisir karena terpaan angin dari jendela. Ini bener-bener perjuangan judulnya!
Sampai di Makasar, hujan pula..kita udah agak stres tuh, apalagi pas kita nanya sopirnya mau ga lewati Losari tempat kita nginep (tentunya dengan tambahan biaya), dan ternyata sopirnya ngga mau..Ya udah deh, tepat pukul 4 sore, kita sampai di Terminal Malengkeri, untungnya hujan udah agak reda, kita Alhamdulillah langsung dapet taksi Gowa yang pake argo. Langsung deh kita dianter ke D'Bugis Ocean Hotel depan pantai Losari percis dengan rate sangat bagus, Rp 295.000 saja permalamnya. Oiya bayar taksinya Rp 35.000. Disitu kita bahagia bener soalnya akhirnya kembali keperadaban, ada kasur empuk, bantal empuk, kamar mandi bersih dengan air panas dan TV! plus ga ada serangga2 aneh-aneh..
Malem itu saya mau diajak wisata kuliner lagi nih sama Jovi temen Makasar saya, sebelumnya kita sempet ngemil pisang Epe durian dan coklat keju ga jauh dari Hotel kita. Pisang Epe itu pisang bakar tapi pake kuah dari gula merah. Muaniss banget!
Setelah makan kue Epe, inilah saat yang ditunggu-tunggu.. Akhirnya saya nyobain Pallubasa Jl Serigala. Ini makanan enaknya sedunia! Jadi kayak semacem soto, dimangkuk kecil kayak soto kudus gitu, isinya sih daging2an plus jeroan, dikasih kelapa kayak serundeng gitu dan dicemplungin telor mentah. Oiya kayaknya makannya sama kacang mede juga deh, pas ditawarin kacang mede saya tolak, kirain tu kacang cuma buat nunggu pesenan. Saking ramenya ini tempat, konon katanya gaji pelayannya 5 juta sebulan, mereka semua udah punya rumah, mobil dan sepeda gunung, dan mereka digaji 5 juta sebulan itu cuma dari omzet teh botol ajah!! Okeh, saya wajibkan semua orang yang liburan ke Makasar untuk nyobain Pallubasa!

Abis dari Pallubasa kita lanjut liat-liat pemandangan di hotel pantai Gapura. Ini tempat aneh deh, pintu masuknya biasa banget, tapi pas didalemnya bagus banget..ada cottage2 cantik diatas laut dan dia punya cafe outdoor yang viewnya enak banget buat ngopi-ngopi atau ngeteh cantik.. Kurangnya cuma satu ditempat ini, kurang pencahayaan! Agak pelit ngasih lampu, padahal tempatnya udah bagus, jalannya yang kayak dermaga gitu tapi kanan kirinya cottage-cottage besar. Sayangnya disini ga sempet foto karena gelap bener..
Dari situ kita lanjut lagi Jalan Pattimura, pusat belanja oleh-oleh Makasar. Selain Bali dan Bandung, saya belom pernah masuk ketempat beli oleh-oleh sampai se-excited ini. Astagah! ini tempat kayak sorga,penuuhh dengan gulungan bahan-bahan tenun sutra yang warna dan motifnya sungguh sungguh cantik, colorful banget!! tapi sayangnya bahan yang saya taksir harganya cukup mahal, semeternya Rp 500.000 dengan lebar 1 meter.Waks! bisa abis berapa duit itu kalo mau bikin rok lebar yang panjang...
Selain bahan tenun cantik, disitu dijual juga aneka makanan khas Makasar dan Toraja, souvenir, obat-obat/minyak gosok kualitas tinggi, sarung-sarung, tas, pajangan dan perhiasan. Kita sih disana menggalau gitu, soalnya musti nahan diri supaya ga kalap belanja.
"Surga"

Setelah toko oleh-olehnya tutup, kita lanjut lagi ke Kampung Popsa, tempat hang outnya anak Makasar. Isinya makanan semua, ada yang indoor ada yang outdoor, kita pastinya milih duduk yang pinggir laut dong.. disitu kita mesen jalangkote, kue semacem pastel dan dessertnya menu barunya Quickly.  Aih tidur nyenyak malam ini :)

Hari ke-5, Kamis 25 Januari 2013
Dihari terakhir ini, kita pengen memaksimalkan jalan-jalan di Makasar. Pagi-pagi sebagai syarat, pastinya kita foto-foto dulu di Pantai Losari yang tersohor itu. Saya dan 2 teman saya langsung ambil posisi foto narsis didepan huruf inisial nama masing-masing sembari menunggu dijemput sama teman Makasar saya yang super duper luar biasa baiknya itu. Kita diajak wisata kuliner lagi, menu pertama adalah Baso Marten! Baso disini pakai sambel kuning yang pedesnya parah. Modelnya sih mirip baso malang soalnya pakai gorengan tapi ngga pake tahu. Ini juga enak basonya...disitu secara ga sengaja saya ketemu Ichal, temen kantor lama, hahaha seneng banget rasanya kalo lagi liburan terus bisa ketemu sama temen lama!
Setelah Baso, kita lanjut sempet ke toko oleh-oleh lagi, belom puas soalnya semalem belanjanya. Abis dari oleh-oleh, wisata kuliner lagi di Mama Cafe yang banyak jual jajanan kue khas Makasar. Kita nyobain kue-kue yang namanya susah-susah,hehehe dan es palu butung & es cincau hijau. Ini cincau hijaunya pakai es serut yang lembut dan susu, jadi rasanya lebih enak dari es cincau pada umumnya. Kita juga nyobain bubur manado yang labunya diblender, dan ikan terinya plus sambelnya enak banget!
Percaya ga, abis dari Mama Cafe kita langsung lanjut ke Lumpia Sulawesi loh.. Kita makan Lumpia dan bungkus juga untuk oleh-oleh jalangkote, otak-otak dan lumpianya. Ga terasa akhirnya udah jam 5 ajah, saatnya untuk balik kehotel dan berangkat ke Bandara. Kita nyewa mobil dari hotel untuk nganterin kita ke Bandara, costnya Rp 100.000.

Ini khan saya backpackeran yah, coba deh mana ada backpacker bawa kardus Aqua? hahaha jadi karena belanjaan oleh2nya si Nuke agak overload alias ga muat masuk backpack, jadilah kita masukin ke kardus Aqua yang diiket pake tali rafia. Oke, ini ngga keren.. *gagal pencitraan
Sampai di Bandara Hasanuddin kita sempet dinner dulu, saya tetep loh mesen pallubasa walau udah tau rasanya ga bakal sama kayak Pallubasa-nya Jl Serigala..pas balik keatas, ternyata udah panggilan terakhir buat pesawat kita, jiaahhh langsung deh ngibrit lari-lari ngejer bis yang nganter kepesawat.

Kalau ditanya mau balik lagi apa ngga ke Makasar, saya pasti mau..masih banyak makanan enak yang belom sempet diicip. Saya beruntung sekali di Makasar di treat dengan luar biasa oleh pasangan Jovi dan Ahmad. Thank u so much for ur kind *BIGhug* , terimakasih juga ya Mirza sampe ditinggal mama papanya seharian demi nganterin tante jalan-jalan.. *ketjup sayang buat Mirza*
Makasih ya Jovi & Ahmad udah ngajak kita jalan-jalan :)

Oiya ga ketinggalan special thanks juga buat Ichur yang udah menginspirasi dan jadi Tanjung Bira Virtual trip advisor saya selama disana. Biasanya kalau mo traveling ilmu saya udah cukup untuk betualang sendiri, tapi untuk yang Tanjung Bira ini saya lebih banyak BBM langsung sama dia buat dapetin informasi seputar Tanjung Bira. :)

Perjalanan kali ini menyisakan kulit yang menggosong, hati yang bahagia dan cerita yang bisa dishare.. thank u for stoppin by :)